Minggu, Mei 27, 2012

Seleksi VS Dipilih

Okey, maybe judul di entri kali ini agak aneh. Tapi gue pengen ngeshare aja tentang pendapat gue mengenai judul tersebut. Pertama kalian semua pasti tau donk perbedaan antara kata seleksi sama dipilih? Nah, kalau menurut gue pengertian seleksi sendiri adalah orang ngeliat dulu kemampuan kita sampe mana apakah kita pantas buat mewakili sesuatu atau ikut sesuatu. Sedangkan kalau dipilih menurut gue adalah orang lain langsung milih aja gitu tanpa mengetes kemampuan dan mungkin aja ada orang lain yang lebih mampu tapi karena sistem pilih jadi orang yang mampu tersebut ga bisa deh menunjukkan kemampuannya. Menurut gue nih ya, sistem pilih itu ga adil banget. Berhubung gue juga pernah ngerasainnya jadi gue tau gimana rasa kecewanya. Bahkan biasanya sistem pilih itu cuma mandang faktor yang ga ada hubungannya sama sekali. Misalnya gini, kan ada pemilihan olimpiade Bahasa Inggris terus orang yang dipilih mewakili itu sebenarnya ga bisa Bahasa Inggris ya cuma wajahnya aja bak model akhirnya dipilih. Padahal ada yang lebih pintar Bahasa Inggris dari dia tapi malah ga dipilih. Faktor yang ga nyambung banget kan? Lain soal kalau misalnya dia dipilih buat lomba model ya pasti pas lah tapi ini kan masalah kemampuan bukan fisik doang?

Next, gue heran banget kenapa sih hampir setiap orang itu kayanya liat wajah dulu dan kemampuan belakangan? Ya kalau kaya kontes kecantikan gitu emang harus wajah yang diliat tapi ini kan bukan kontes kecantikan. Kalaupun kontes kecantikan gue pikir sebaiknya harus pake seleksi juga deh. Soalnya nih ya menurut gue kalau cantik or ganteng tapi kemampuannya kurang banget juga kerasa gimana gitu. Tapi nih ma'af sebelumnya guys. Gue ga maksud buat merendahkan atau apalah namanya sama orang-orang yang memiliki wajah yang enak dipandang. Tapi gue cuma pengen kalau memilih seseorang buat mewakili sesuatu sebaiknya pakai seleksi aja. Karena dengan seleksi kita bisa tau mana aja orang yang mampu dan mana orang yang bakatnya beda dengan bidang tersebut. Menurut gue juga semua orang itu cantik sama ganteng kok ga ada yang namanya orang jelek. Karena menurut gue Allah itu udah kasih kita angerah yang baaannnyyyaakkk banget, termasuk fisik kita. Ingat juga guys kalau SEMUA ORANG ITU CANTIK DAN GANTENG DENGAN CARANYA MASING-MASING.

Sekarang cukup deh tentang fisik-fisikan. Gue ga mau nanti ada yang ngira gue ngeremehin orang yang punya fisik yang bisa dibilang mungkin hampir sempurna. Ada juga kok banyak orang yang fisiknya bisa dibilang hampir sempurna dan juga mempunyai kemampuan yang mempuni. Tapi disini gue cuma mau negasin kalau pengen milih orang buat ngapain gitu atau mewakili ataupun ikut sesuatu kita sebaiknya pakai sistem seleksi bukan pilih. Mungkin dengan sistem seleksi orang yang terpilih bakalan bangga banget dengan kemampuannya sedangkan yang ga terpilih pun rasa kecewanya mungkin ga akan sebesar kalau dengan sistem pilih. Soalnya gini, menurut gue orang yang ga kepilih itu bisa tau kemampuannya sampai mana dan bisa nerima kalau ada yang lebih mampu dari dia. Sedangkan kalau dengan sistem pilih orang yang ga kepilih akan ngerasa kecewa berat karena mereka kan belum liat kemampuan kita tapi malah langsung ga kepilih. Menurut gue sistem pilih dan sistem seleksi ini adalah pilihan orang yang bertanggung jawab buat milih seseorang buat sesuatu. Mungkin namanya memang "memilih seseorang" tapi sistemnya harus juga adil dong. Karena setiap orang kan punya kemampuan yang beda-beda dan punya bidangnya masing-masing. Jadi gue cuma pengen orang-orang sadar kalau yang namanya sistem pilih itu kurang baik dan membuat orang merasa diperlakukan dengan ga adil. Yah, ini cuma pendapat gue sih guys, mungkin kalian punya pendapat yang lain dan mungkin ga sependapat sama gue. Tapi gue cuma mau nyampein apa yang gue rasain dan pikirin. :)

Tapi satu lagi nih yang mau gue bahas guys. Menurut gue beda lagi urusannya kalau seseorang itu mencoba dan kerja keras dan akhirnya dipilih buat sesuatu. Itu ga ada sama-samanya sama sistem pilih. Soalnya gini orang itu dipilih dan mendapatkan apa yang dia mau karena kerja kerasnya sendiri dan tentunya karena Allah juga pastinya. Tapi yah yang kaya gue bilang tadi ini berbeda dengan sistem pilih. Nah kalau dengan cara gini sich gue setuju banget dan bakalan ngedukung banget orang tersebut. Jadi jangan disamain yah kalau orang dipilih karena kerja kerasnya sama orang dipilih dengan cara melihat faktor yang sama sekali ga mendukung.

Ya udah kayanya sekian dulu nih guys. Ma'af banget kalau ada kata yang menyinggung *SORRY*. See you later and keep choice selection system :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar